JUDUL: PENGARUH ASAL SEKOLAH TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH MAHASISWA PROGRAM D III TEKNIK SIPIL SEMESTER II FAKULTAS TEKNIK UNNES TAHUN AJARAN 2004/2005
PENULIS:
Slamet Budiharjo NIM. 5114990027 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2005
KATA KUNCI: Hasil Belajar IUT, Partisipasi Mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan asal sekolah terhadap pertisipasi dan hasil belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa program studi D III Teknik Sipil Fakultas Teknik UNNES. Penelitian ini menggunakan metode Expost facto yaitu penelitian yang menggunakan dan mengumpulkan datanya dari dokumentasi yang telah ada atau cara- cara lain yang sejenis. Populasi yang digunakan adalah semua Mahasiswa Program DIII Teknik Sipil Semester II Fakultas Teknik UNNES Tahun Ajaran 2004/2005. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk daftar nama mahasiswa, metode tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dan metode observasi untuk mengambil data tentang partisipasi mahasiswa. Analisa yang digunakan adalah sistem uji t. Berdasarkan anlisis data untuk menguji hipotesis pertama diperoleh thitung >ttabel (5,051>1,69), maka hipotesis dinyatakan diterima artinya asal sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa yaitu mahasiswa asal SMK lebih baik hasil belajarnya disbanding mahasiswa asal SMU. Berdasarkan anlisis data untuk menguji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung >ttabel (1,938>1,69), maka hipotesis diterima yang berarti asal sekolah juga berpengaruh terhadap partisipasi mahasiswa yaitu mahasiswa asal SMK lebih tinggi partisipasinya disbanding mahasiswa asal SMU.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar